KIAT TRAVELING DENGAN KAMERA

Saat ini tidak ada lagi orang yang traveling atau jalan-jalan tanpa bawa kamera,minimal kamera smartphone. Bahkan dalam kondisi solo travelingpun masih bisa mengabadikan moment yang,ada,menggunakan tongsis. Abadikan MomentMu. Mengabadikan moment perjalanan biasanya akan langsung diunggah,baik dalam bentuk foto atau video (vlog) di sosial media,karena medsos kini menjadi media mengexpresikan diri,dari mulai yang norak seperti foto bersama jenazah sampai yang luar biasa.

Bagi traveler yang harus dipahami adalah karakter destinasi yang akan dikunjungi. Hal ini penting agar tidak kecewa di kemudian hari,misalnya tidak mempunyai dokumentasi yang layak pandang atau bahkan layak jual. Salah satu contoh siapa sih yang tidak kenal Yogyakarta ? Jangan harap anda bisa mendapatkan kepuasan menjelajah Yogya jika berkunjung saat liburan sekolah atau libur lebaran. Yakin isinya hanya akan mengeluh dan mengeluh karena kemacetan yang luar biasa dan mencari background foto yang susah. Oleh karena itu bagi pejalan yang paham akan menghindari waktu-waktu itu untuk berkunjung ke Yogya,kecuali jika hanya sekedar menghilangkan kejenuhan memanfaatkan libur bersama keluarga. Contoh lain jika kamu ingin mendapatkan foto sunset yang menawan di Bali tentu akan kecewa jika berkunjung saat musim penghujan.
Contoh foto berikut adalah foto yang saya ambil di pantai Camplong Madura dan pernah menjadi best picture of the year di organisasi foto internasional.

Satu hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin motret matahari terbenam atau terbit adalah faktor waktu. Usahakan 10 menit sebelum waktunya sudah berada di lokasi dan mencari posisi yang tepat dengan foreground yang menunjang. 3 menit saja terlambat maka moment yang diharapkan akan hilang,karena pergerakan matahari demikian cepat saat terbit atau terbenam. Motret matahari terbit atau terbenam itu dapat juga ditentukan faktor keberuntungan, beruntung di tempat yang tepat dan beruntung di waktu yang tepat.



Ada baiknya juga jika anda sudah berkunjung di lokasi yangtertarget,sehingga kamu bisa menentukan di bagian mana sudut pemotretan yang bagus dan pada waktu apa akan menghasilkan gambar yang bagus. Dengan demikian kamu akan tahu betul apa yang layak dan menarik untuk difoto sehingga akan menghasilkan gambar yang ruarrrrr biasa.
(bersambung)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRAVELING PHOTOGRAPHY

Foto framing dengan kamera HP