MEMBUAT FOTO LEBIH TAJAM

Sudah kenal D-SLR kan ? Kamera SLR tetapi dengan komponen digital. Umumnya D-SLR menggunakan salah satu atau dua mode fokus utama, yakni single point focus atau multiple point focus. Single point focus bisa jadi menjadi pilihan utama jika obyek yang akan kita abadikan bersifat relatif statis. Pemotretan bentuk prtrait misalnya, kita bisa memposisikan titik fokus pada mata obyek. Bila menggunakan  D SLR menggunakan single fokus, titik fokus yang diinginkan bisa di dapat setelah mencari dari pilihan titik fokus yang tersedia, kemudian tekan shutter setengah,fokusskan, cek komposisi,lanjut klik foto.
Bila menggunakan modus fokus multiple point yang dinamis,kita bisa memanfaatkan kepintaran D SLR dan tinggal menikmati hasilnya. Hal ini bisa kita manfaatkan karena D SLR generasi baru mempunyai jumlah titik fokus yang bervariasi, meskipun umumnya mempunyai 9 titik fokus. Pada kondisi normal, kita bisa mengandalkan kamera untuk memilih obyek utama foto, namun untjk hasil yang lebih memuaskan gunakan modus single point atau manual, karena hasilnya akan sesuai dengan keinginan kita.



Bagaimana jika kita di lapangan tidak membawa tripod tetapi sebetulnya sangat membutuhkan agar hasil foto tidak goyang atau kabur dengan kecepatan rendah ?  Pemilihan ISO yang tepat serta amemahami pengaturan kamera memberikan kontribusi besar untuk hasil foto yang baik. Dengan memilih ISO tinggi kita bisa memilih kecepatan shutter berkecepatan tinggi sehingga sanggup membekukan garakan serta meminimalkan guncangan kamera yang terjadi akibat tekanan tangan saat memotret. Langkah kedua carilah tumpuan,misalnya dinding bangunana,pohon,atau pagar. Tumpuan ini akan membantu mengurangi goncangan kamera. Cara ketiga,gunakan tali kamera,kaitkan ke pergelanga tangan. Cara ke empat dengan berbaring menelungkup. Cara ini juga akan memperkokoh pegangan kamera,tetapi anglenya akan berada pada posisi renda,sehingga harus memperhatikan komposisi gambar. Semoga bermanfaat.



bahan bacaan :Digital Camera Indonesia volume 9.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Foto framing dengan kamera HP